Sejuknya Wisata di Karanganyar Ini

Karanganyar adalah salah satu daerah di Jawa Tengah di mana ia memiliki banyak atraksi menarik, terutama wisata alam, yah, salah satu daerah di Kabupaten Karanganyar yang sudah sangat terkenal di Tawangmangu.

Di Tawangmangu sendiri terdapat objek wisata air terjun yang sangat dingin, bernama Gerojogan Sewu, air terjun Gerojogan Sewu terletak di pegunungan Gunung Lawu, tepatnya di desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Air terjun Gerojogan Sewu ini memiliki ketinggian hingga 81 meter, yang disebut Gerojogan Sewu karena debit air di air terjun ini cukup besar, meskipun musim kemarau tetapi volume air yang mengalir cukup besar, karena itu disebut Gerojogan Sewu. yang berarti Mil Ducha, atau mil dari air yang mengalir ke bawah.

Ada juga yang mengatakan bahwa nama Gerojogan Sewu ini ternyata diambil dari Seribu Pecak, dan satuan jarak yang digunakan pada waktu itu (zaman kuno), Pecak merupakan kue dewasa, jadi jika diukur dengan ketinggian air terjun bisa lebih dari seribu Pecak.

Untuk pintu masuk itu sendiri, ada dua tempat, saber, yang di atas dan yang di bawahnya, pintu masuk teratas biasanya dipilih untuk turis yang menggunakan mobil dan bus, meskipun pintu masuk bawah juga dapat melihat monyet, tetapi tidak sebanyak entri teratas.

Pemandangan di kawasan air terjun Gerojogan Sewu keindahannya tak lagi anda pertanyakan lagi, selain itu udara sangat segar dan nyaman, karena terletak di lereng Gunung Lawu yang tinggi, yang merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia. Jawa Tengah.

Untuk harga tiket ini terbilang murah, karena bagi anda yang lokal akan sangat berbeda dari harga untuk turis asing, karena turis lokal menerima tiket sekitar Rp. 15.000 / orang, sedangkan turis asing harus membayar sekitar Rp. 160.000 / orang, sangat berbeda.

Di daerah ini tidak hanya ada air terjun, tetapi juga taman air mini untuk anak-anak, tempat istirahat, tempat makanan yang menawarkan menu sate kelinci khas ke kolam renang, pengelolaan objek wisata ini sangat profesional. apa yang menarik banyak turis yang datang.

Sesampainya di loket tiket, kita masih memiliki 300 meter, tetapi harganya sangat rendah, selama perjalanan kita akan ditemani oleh nyanyian burung dan pemandangan hutan yang sangat hijau dan menyegarkan.

Sementara pintu masuk melalui gerbang atas, yang memiliki banyak tangga sebelum mencapai lokasi air terjun, perjalanan Anda disertai dengan pemandangan hutan dan monyet berputar-putar, tenang, monyet-monyet tidak setenang seperti di tempat wisata lainnya. .

Dari kejauhan Anda dapat mendengar suara air terjun yang terciprat, Anda akan melewati sebuah jembatan yang menunjukkan bahwa Anda telah mencapai lokasi air terjun, serta sebagian atraksi, ini juga memiliki mitos, yang dikatakan jika Pasangan yang tidak menikah dan melewati jembatan ini, hubungan itu tidak akan bertahan, tetapi itu hanya mitos, Anda bisa percaya atau tidak, itu terserah Anda.

Aliran air di sini cukup deras, Anda juga harus terlalu dekat dengan dasar air terjun, ada juga papan peringatan yang melarang wisatawan mendekati air terjun.

Jika Anda ingin berlibur di air terjun Gerojogan Sewu, disarankan untuk melakukan perubahan pakaian jika basah, sebagai objek wisata populer, selama seminggu air terjun Gerojogan Sewu akan penuh dengan pengunjung, jadi pintar memilih kapan harus berkunjung

Akses ke air terjun Gerojogan Sewu

Bagi Anda yang tinggal di Semarang dan sekitarnya, Anda dapat terlebih dahulu mengambil arah dari kota Solo dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Tawangmangu, ketika Anda tiba di Tawangmangu ada banyak tanda, jadi Anda tidak perlu khawatir. tentang tersesat

Anda dapat mencapai objek wisata ini dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum, Gerojogan Sewu buka sampai jam 16.00. M., Kenapa tidak harus melihat ke belakang, yang harus diingat, jalan menuju lokasi menanjak dan berliku, jadi siapkan kendaraan Anda terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *